The Stories Arround Me: kebaya sulam gim,,sebuah kebaya jadul yang kembali ngetrend...

Jumat, 22 April 2011

kebaya sulam gim,,sebuah kebaya jadul yang kembali ngetrend...

tentunya anda pasti mengernyitkan dahi tatkala membaca posting ini..Kebaya sulam gim??kebaya sulam gim dulu pernah menjadi idola. Kebaya ini berbahan beludru hitam, biru tua, atau maroon dengan sulaman benang emas membentuk ornamen semacam pahatan Jepara di sisi-sisinya. Dulu, pemakainya adalah kalangan Bangsawan dan keluarga Kraton hingga meluas sampai menjadi busana khas Perkawinan tradisional. Tahun 1970-an kebaya macam ini masih dianggap yang paling formal dan paling cantik untuk menghiasi calon mempelai wanita. Pengrajinnya cukup banyak, namun tanpa inovasi yang berarti.selain digunakan oleh pengantin,busana beludru bersulam gim ini juga kerap digunakan para tokoh dalam pementasan wayang orang khusunya yang mengadopsi cerita mahabharata atau lakon jawa lainnya.

anne avantie,maestro kebaya indonesia merasa sedih saat mendengar bahwa karya karya emas-nyalah yang memojokkan atau merosotkan penjualan kebaya sulam gim ini.Anne Avantie pernah mengungkapkan pada wartawan: “waktu itu saya ke tempat sulam gim, tempatnya kotor dan kumuh. Saya bertanya pada pengrajinnya waktu itu, dia bilang: Ini gara-gara Anne Avantie, jadi produksinya merosot.

Kemudian Anne Avantie merasa berhutang dan harus melakukan sesuatu bagi Kebaya sulam gim, terutama para pengrajinnya.Untuk inilah anne avantie menciptakan sebuah desain kebaya bersulam gim dengan harapan dapat mendongkrak lagi produksi sulam gim dantentu saja menaikkan pendapatn para pengrajinnya.Hasilnya tentu saja sangat memuaskan.bahkan kebaya sulam gim ini,kini menjadi tren baru dalam kancah kebaya indonesia.banyak pesohor tanah air yang memilih mengenakan kebaya sulam gim dalam acara acara penting mereka misalnya artika sari devi,puteri indonesia 2004 yang mengenakan kebaya sulam gim berbahan berbahan beludru hitam rancangan anne avantie saat resepsi pernikahannya.
contoh lainnya adalah pada saat perhelatan pemilihan puteri indonesia 2008 digelar,saat itu 3besar finalis terpilih juga mengenakan kebaya beludru bersulam gim emas.Zivanna letisha siregar,puteri indonesia terpilih tahun 2008,saat itu mengenakan kebaya beludru ungu yang bersulam gim keemasan,sangat anggun sekali.cerminan wanita indonesia yang seutuhnya.





jika mereka cantik nan anggun mengenakan kebaya sulam gim..mengapa anda tidak?disamping melestarikan budaya asli indonesia anda juga telah membantu meningkatkan pendapatan para pengrajin sulam gim..sekali merengkuh dayung,2 dan 3 pulau terlampaui...

2 komentar:

  1. jangan cuma nulis sno9w...banyak-banyak blogwalking keblog teman-teman yang lain biar blog kamu eksis.... saran aja.....ini perkara dilaksanakan enggak tergantung kamu.....:)

    BalasHapus